21 March 2012

E-Learning Pancasila


Nama               : Dadi Damanhuri AG
NPM               : 18311919
Kelas               : SMTS-05-1C
Mata Kuliah    : E-Learning Pancasila

Soal:
1.    Jelaskan bagaimana menerapkan nilai-nilai Pancasila pada kasus-kasus kehidupan?
Yang dimaksud kasus-kasus kehidupan adalah kejadian atau peristiwa nyata yang pelakunya manusia, jadi kasus kehidupan yang menyimpang diluruskan dengan menerapkan nilai-nilai pancasila!

Jawab:

Salah satu contoh penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan  antara lain setiap warga negara wajib memiliki agama yanng dipercayainya, yang kedua adanya Hak Asasi Manusia(HAM), akhir-akhir ini banyak sekali tindak kejahatan seperti pembunuhan yang mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang, di Indonesia setiap orang dilindungi oleh HAM.
Ketiga dalam hal persatuan dan kesatuan, contohnya adalah ketika timnas sepakbola Indonesia bertanding, ratusan ribu masyarakat berbondong-bondong mendatangi stadion untuk mendukung timnas.
Kemudian masalah muncul, sekarang banyak sekali wakil-wakil rakyat yang bermasalah,seperti tersangkut masalah korupsi yang merajalela, hal tersebut sangat menyimpang dengan sila keempat yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan, kebijaksanaan pemimpin sekarang sangat rendah, begitu juga dengan keputusan hasil musyawarah para wakil rakyat yang tidak berpihak atau merugikan rakyat.
Dalam masalah keadilan, di Indonesia sangat sulit untuk mencari keadilan, apalagi untuk masyarakat kelas bawah, yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Hukum hanya berpihak terhadap orang yang mempunyai uang, koruptor yang memakan uang rakyat dalam jumlah yang besar hukumannya hampir sama dengan pencuri sandal.
Jadi, sudah seharusnya nilai-nilai pancasila ini harus lebih ditekankan lagi dalam kehidupan masyarakat terutama para pemimpin-pemimpin yang berkuasa di negeri ini.

No comments:

Post a Comment